'/> Soal Ujian Pat Seni Budaya Kelas X Kurikulum 2013 Dan Kunci Jawaban

Info Populer 2022

Soal Ujian Pat Seni Budaya Kelas X Kurikulum 2013 Dan Kunci Jawaban

Soal Ujian Pat Seni Budaya Kelas X Kurikulum 2013 Dan Kunci Jawaban
Soal Ujian Pat Seni Budaya Kelas X Kurikulum 2013 Dan Kunci Jawaban
- Soal Ujian PAT Seni Budaya Kelas X Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban

Kembali berjumpa dengan kami Team dari Berkas sekolah. Dalam beberapa bulan lagi akan dilaksanakan kegiatan Ujian Akhir Semester Genap (2) yang kini diganti menjadi Penilaian Akhir Tahun (PAT) khusus untuk Kelas X dan XI jenjang SMA, SMK, MA dan MAK. Namun sebelumnya untuk dikala ini dalam waktu bersahabat akan dilaksanakan UN baik UNKP ataupun UNBK bagi abang kelas 12 dan semoga mendapat nilai yang memuaskan tentunya dengan Predikat Lulus.

Untuk itu kiranya sama-sama mempersiapkan diri dengan perbanyak latihan soal-soal PAT seni budaya supaya nanti sanggup dengan gampang melewati dan mendapat nilai yang memuaskan untuk sanggup melanjutkan ke kelas XI dan XII.

Soal Ujian UAS Seni Budaya Kelas X Kurikulum 2013 ini diambil dari Soal UAS/PAT tahun sebelumnya dan Buku Guru, Buku Siswa yang di mix atau dicampur dan diadaptasi dengan bahan pelajaran yang sudah diberikan Guru Mata Pelajaran Seni Budaya selama 1 tahun lebih. 

Soal Ujian PAT Seni Budaya Kelas X Kurikulum 2013 ini dilengkapi dengan Kunci Jawaban akan lebih gampang mencar ilmu berdikari ataupun kerja kelompok dengan teman tanpa less private, bimbingan mencar ilmu ataupun kursus sekalipun. 

 Soal Ujian PAT Seni Budaya Kelas X Kurikulum  Soal Ujian PAT Seni Budaya Kelas X Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban

Adapun Contoh Soal Soal Ujian PAT Seni Budaya Kelas X Kurikulum 2013 berikut ini ;

A. Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu balasan yang sempurna untuk pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Kegiatan mempertunjukkan sesuatu kepada orang lain biar mendapat tanggapan dan penilaian pada karya seni rupa disebut . . . .
A. perayaan
B. peragaan
C. pameran
D. perayaan
E. pertunjukan

2. Pameran karya seni rupa sanggup dibedakan menjadi dua, yaitu . . . .
A. menurut jenis karya, jumlah peserta
B. jenis karya homogen dan heterogen
C. jenis karya dwimatra dan trimatra
D. ukuran karya besar dan karya kecil
E. menurut tujuan dan media yang dipamerkan

3. Kegiatan pameran yang bahan pamerannya menurut jenis karya sanggup dibedakan menjadi dua, yaitu . . . .
A. pameran homogen dan pameran heterogen
B. jenis karya dwimatra dan trimatra
C. ukuran karya besar dan karya kecil
D. menurut jenis karya dan jumlah peserta
E. menurut tujuan dan media yang dipamerkan

4. Suatu proses pembentukan citra suatu hal yang ingin dicapai sering disebut . . . .
A. pameran
B. sarasehan
C. perencanaan
D. seminar
E. perkiraan

5. Kegiatan persiapan dalam kegiatan pameran salah satunya ialah mengumpulkan hasil seni rupa terapan dan seni rupa murni. Untuk memudahkan kegiatan tersebut, hasil karya sanggup dikelompokkan menurut . . . .
A. dimensi, ukuran, dan tema
B. ukuran dan tema
C. urutan yang lebih dulu mengumpulkan
D. usia karyanya
E. dua atau tiga dimensi

6. Salah satu kelengkapan pameran yang menjelaskan jenis karya, jumlah peserta, identitas peserta, dan identitas karya adalah....
A. baliho
B. spanduk
C. label
D. plakat
E. katalog

7. Kegiatan menghargai, menilai, menyadari, dan mengerti dalam karya seni rupa disebut....
A. sarasehan
B. pameran
C. apresiasi
D. kritik Jurnalistik
E. kritik seni

8. Mengkritik suatu karya seni melalui koran atau majalah biasanya ketika kegiatan pameran sedang berlangsung disebut kritik . . . .
A. jurnalistik
B. populer
C. ilmiah
D. pedagogik
E. seni

9. Kritik yang menawarkan nilai positif bagi perupa atau seniman dalam menuangkan gagasan-gagasannya ke dalam karya seni di masa yang akan tiba dilengkapi dengan data-data lengkap dan hasil penilaian yang sanggup dipertanggungjawabkan disebut . . . .
A. kritik jurnalistik
B. kritik populer
C. kritik ilmiah
D. kritik pedagogik
E. kritik seni

10. Apresiasi yang menyangkut aspek-aspek fisik karya untuk kepentingan keindahan merupakan gaya dari kritik . . . .
A. instrinsik
B. ilmiah
C. ekstrinsik
D. populer
E. pedadogik

11. Jarak nada yang berbeda-beda antara nada satu dan nada lainnya disebut . . . .
A. pentatonis
B. pelog
C. interval
D. diatonis
E. slendro

12. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut.
(1) Memberikan perbedaan antara gerak tari satu dan gerak tari lainnya.
(2) Dapat menginterpretasikan makna setiap gerakan.
(3) Didukung oleh musik biar pemaknaannya jelas.
Penjelasan tersebut merupakan klarifikasi musik iringan tari sebagai . . . .
A. pengatur gerak tari
B. penegas gerak tari
C. pembentuk abjad tari
D. penentu tempo tari
E. penguat abjad tari

13. Tarian dari tempat Minangkabau yang menyeritakan senda gurau pasangan adalah....
A. tari gambyong
B. tari jaipong
C. tari gandrung
D. tari payung
E. tari merak

14. Perhatikan corak melodi berikut.
(1) Melodi didominasi dengan nada-na da yang kuat.
(2) Disajikan dengan tempo yang agak ce at
(3) Disajikan dengan instrumen yang berkarakter uat.
Corak melodi yang dimaksud ialah karakter....
A. agung atau gagah
B. heroik
C. tenang
D. sedih
E. dinamis

15. Musik yang dilantunkan untuk menciptakan penonton seperti turut mencicipi kesedihan pemain teater merupakan fungsi Ilustrasi pertunjukan teater sebagai....
A. menawarkan latar belakang
B. menawarkan penekanan
C. menawarkan penguatan pada alur cerita
D. menawarkan warna psikologis
E. musik pembuka

16. Kecapi Sunda, siteran Jawa, dan rebab di Padang merupakan alat musik dengan bentuk sajian . . . .
A. tunggal
B. duet
C. kelompok besar
D. pasangan
E. kelompok kecil
17. Musik pada masyarakat yang dinamis cenderung mengekspresikan gaya yang dinamis pula. Hal tersebut merupakan rujukan konsep musik khas dari . . . .
A. penggunaan nada dan tangga nada
B. dipelajari secara lisan
C. cerminan dari budaya setempat
D. bersifat kedaerahan
E. tidak terspesialisasi

18. Penggunaan instrumen yang sanggup dimainkan dalam skala besar disebut . . . .
A. vokalia
B. instrumentalia
C. campuran
D. orkestra
E. solo tunggal

19. Perhatikan rujukan pengambilan data berikut.
(1) Jenis music.
(2) Gungsi.
(3) Bentuk fisik alat musik.
(4) Bentuk sajian pertunjukan.
(5) Tangga nada.
(6) Durasi waktu.
Jenis pengambilan data yang termasuk ke dalam deskripsi ditunjukan oleh....
A. (1), (2), dan (3)
B. (2), (4), dan (6)
C. (3), (4), dan (5)
D. (3). (5), dan (6)
E. (4), (5), dan (6)

20. Instrumennya terdiri atas balungan 6 buah, bonang 1 buah, dan bedhug 1 buah. Pernyataan tersebut merupakan rujukan penulisan dari aspek....
A. nama musik tradisional
B. deskripsi
C. analisis
D. jenis sajian
E. fungsi

21. Kengser, trisig dan tayungan merupakan jenis dari gerak . . . .
A. tangan
B. badan
C. perut
D. kaki
E. kepala

22. Perhatikan ciri-ciri tarian berikut.
(1) Dilakukan dengan posisi duduk sambil menyanyi.
(2) Gerakan dilakukan tolong-menolong (kelompok).
(3) Gerakan sanggup berhenti tiba-tiba dan diulang kembali dengan tempo yang sangat
cepat.
Tarian yang dimaksud ialah . . . .
A. tari Betawi
B. tari Jawa Timuran
C. tari Sunda
D. tari Bali
E. tari Aceh

23. Tarian yang mempunyai gerakan goyang pinggul ialah . . . .
A. tari Betawi
B. tari Jawa Timuran
C. tari Sunda/jaipong
D. tari Bali
E. tari Aceh

24. Perhatikan ciri khas tarian berikut.
(1) Kerincing kaki.
(2) Kostum kain lereng.
(3) Hiasan dari burung enggang.
(4) Menggunakan daun rumbia.
(5) Kaus loreng ala warok.
(6) Baju dengan ruffle.
Ciri khas tarian dari Jawa Timur ditunjukkan oleh nomor
A. (1) dan (5)
B. (2) dan (4)
C. (3) dan (5)
D. (4) dan (6)
E. (5) dan (6)

25. Silang caping dalam uraian gerak pada tari upadi diatur dengan komposisi....
A. menciptakan angka 8 tidur
B. putar kanan di tempat
C. berputar di tempat
D. menghadap depan
E. arah 4 sudut, terakhir ke arah depan
26. Tarian yang pada awalnya merupakan tari pemujaan dan banyak diperagakan di pura serta melambangkan turunnya dewata ke alam dunia adalah....
A. tari Kecak
B. tari Barong
C. tari Sanghyang
D. tari Pendet
E. tari Hudoq

27. Perhatikan rujukan tari berikut.
(1) tari Pendet
(2) tari Sebiang
(3) tari Gending Sriwijaya
(4) tari Sanghyang
(5) tari Pakarena
(6) tari Lawung Ageng
Tarian yang termasuk dalam fungsi upacara adab ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. (1) dan (4)
B. (1) dan (6)
C. (2) dan (4)
D. (2) dan (5)
E. (3) dan (6)

28. Tari Bedhaya Ketawang mempunyai fungsi sebagai....
A. upacara panggih pengantin
B. ungkapan rasa syukur
C. ulang tahun raja/penobatan
D. permohonan biar panen banyak
E. pertunjukan atau tontonan

29. Tari Barangan, tari Lantaran, dan tari Gandrung Banyuwangi merupakan perkembangan fungsi tari sebagai....
A. tari untuk industri pariwisata
B. pengisi program atau selingan
C. menumbuhkan rasa percaya diri
D. tari untuk festival/Iomba
E. media mencar ilmu tata krama

30. Perhatikan iangkah-iangkah berikut.
(1) menciptakan deskripsi awal ihwal tarian.
(2) menentukan salah satu jenis tari.
(3) menganalisis yang bersifat teknis.
(4) menganalisis makna.
(5) mengungkapkan segala kekurangan dan kelebihan.
(6) menciptakan deskripsi umum.
Susunan yang benar dalam menganalisis tari tradisi ialah ....
A. (1), (2). (3), (4), (5), (6)
B. (2). (1). (3). (6), (4). (5)
C. (2), (1), (3), (6). (5). (4)
D. (2). (1), (6), (3), (4), (5)
E. (2), (1), (6), (3), (5), (4)

31. Naskah lakon harus memancing perhatian penonton atau masyarakat termasuk nilai....
A. filosofis
B. komersial
C. etika
D. artistik
E. etis

32. Potensi dirinya dalam berteater mempunyai arti sebagai . . . .
A. mempunyai tubuh yang elastis dan gampang diarahkan
B. mempunyai kepekaan terhadap lingkungan
C. melibatkan semua pancaindra
D. melibatkan perasaan yang beragam
E. penjiwaan yang melebur dengan tokoh yang diperankan

33. Semua anggota duduk melingkar, kemudian membaca bergiliran tanpa mempertimbangkan tugas merupakan persiapan pementasan dikala . . . .
A. membaca naskah
B. merancang blocking
C. membaca berangkai
D. menghafal dialog
E. stop and go

34. Penempatan pemeran yang simetris atau asimetris dalam pertunjukan panggung termasuk dalam . . . .
A. blocking
B. balancing
C. tingkatan
D. leveling
E. fokus

35. Tujuan dilakukannya dress rehearsal dikala mempersiapkan pertunjukan teater ialah . . .
A. melengkapi persyaratan pertunjukan
B. melihat proses latihan
C. mengumpulkan para pemain
D. menawarkan nuansa yang sesungguhnya
E. memantapkan latihan

36. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut.
(1) jalan kisah dalam naskah teater.
(2) menentukan pokok-pokok penafsiran naskah.
(3) orang yang memperagakan cerita.
(4) melatih pemain.
Pernyataan yang termasuk ke dalam unsur sutradara ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)

37. Berikut ini beberapa unsur teater yang benar dan termasuk pada pendukung adalah....
A. arena panggung, properti, dan pemain
B. tata busana, sutradara, dan naskah
C. tata rias, tata cahaya, dan tata suara
D. properti, tata panggung, dan penonton
E. sutradara, naskah, dan pemain

38. Maksud dari tata panggung proscenium ialah . . . .
A. mempunyai arah hadap penonton dari banyak sekali arah
B. mempunyai satu arah hadap penonton
C. dekorasi panggung dengan menggambarkan kenyataan
D. panggung yang sanggup berputar
E. panggung tanpa menggambarkan latar belakang

39. Pengaturan tingkat intensitas serta pemilihan sisi gelap dan terang merupakan upaya
yang dilakukan untuk memunculkan....
A. penerangan
B. pemilihan
C. atmosfer
D. dimensi
E. penyinaran

40. Peralatan yang biasa dipakai sebagai penguat bunyi ialah . . . .
A. mixer, equalizer, dan effect unit
B. amplifier
C. headphone
D. microphone player
E. loudspeaker

B. Esai
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan tepat!
1. Jelaskan yang dimaksud dengan istilah mungkus pada musik iringan tari tradisional!
2. Jelaskan konsep khas yang dimiliki oleh musik tradisional!
3. Jelaskan perbedaan antara tari Nusantara dan tari daerah!
4. Sebutkan ciri khas gerakan tari Bali!
5. Jelaskan perbedaan fungsi tari sebagai sarana upacara dan tari sebagai tontonan!

Itulah kiranya Soal Pilihan Ganda dan Essay Seni Budaya Kelas X SMA, MA, Sekolah Menengah kejuruan dan MAK  Kurikulum 2013. Lebih terang lagi silahkan lihat melalui tampilan berikut ini ;

Soal Ujian PAT Seni Budaya Kelas X Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban


Semoga sanggup menjadi Referensi, Solusi dan Prediksi nanti dalam pelaksanaan Ujian Seni Budaya Kelas X K13. Bagi yang membutuhkan secara lengkap dalam bentuk file, kami sudah sediakan melalui tautan link dibawah ini ;

Download Soal Ujian PAT Seni Budaya Kelas X Kurikulum 2013 Lengkap

Download Kunci Jawaban Soal Ujian PAT Seni Budaya Kelas X Kurikulum 2013

Itulah kiranya mengembangkan Informasi dan file mengenai Soal Ujian PAT Seni Budaya Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban dalam format Word. Semoga bermanfaat. Sumber : carasunda.com
Advertisement

Iklan Sidebar